Kamis, 26 Juli 2012

Bedanya Public Transportation Indonesia dengan Hong Kong

assalamualaikum wr wb.

Hari ini gue mau share sesuatu. hehehe
Gue mau cerita perbedaan Indonesia sama Hong Kong dari segi Public Transportation alias Angkutan Umum sob.
Di Indonesia ada bis, ada kereta, ada mikrolet, ada juga kapal, bahkan ada pesawat.
Di Hong Kong ada bis, ada kereta tapi kereta ini kereta express namanya MTR, ada juga kayak mikrolet tp lebih panjang disebut Mini Bus, ada kapal , pesawat juga ada.
Jadi, udah ketauan yg paling beda di angkutan yg mana ? Ya! Ada di MTR.
Di Indonesia bakalan ada semacam MTR tapi namanya MRT dibalik doang, sayangnya MRT ini adanya tahun 2016/2020. Lah masih 4-6th lagi sob.

Kita bahas Bis sekarang. Yang lainnya kapan-kapan aja :D hehe
Di Indonesia :
#1. Masuk Bis duduk nanti nunggu didatengin Kondektur bagian perduitan. *tuh kan orang Indonesia tuh ramahnya minta ampun, sampe bayar bis aja didatengin Kondektur pula. Okesip.
#2. Masuk Bis duduk , kadang kita diprdengarkan lagu-lagu dari abang-abang pengamen yg gayanya yg soker abeess *sok keren sob. :D

BERBEDA dengan

Di Hong Kong :
#1. Masuk Bis, kita belum boleh duduk kita belum bayar. Lah bayarnya bukan ke orang atau kondektur tapi Kita bayar ke Mesin sob. Gimana kita bayarnya ? *entar gue jelasin dulu sob.
Nah, di Hong Kong nih sob ada yg namanya Octopus, octopus ini adalah sebuah kartu. Kartu ini gunanya buat bayar.
Muncul pertanyaan : Gimana bisa bayar ? Ada uangnya emang ? Terus biar ada isi uangnya gimana ?
Kartu ini harus di Recharge , kayak ngisi pulsa gitu sob. Kita ngisinya di 7Eleven kalo di Indo di Indomart gt lah. Minimal pengisian itu $HK 50 sekitar Rp 50.000,00
Nah, Untuk jawab pertanyaan Gimana bisa bayar Bis tadi.
Gue kasih tau dulu bentuk octopus beserta mesin-mesin yg bisa di bayar pake octopus.

ini namanya Octopus.

No.1 Kiri atas itu pintu masuk Bis.
No.2 dr kanan atas itu adalah Mesi n octopus untuk bis.
No.3 Bawahnya pintu masuk itu adaah mesin octopus buat MTR
No.4 Itu mesin buat beli minum-minum gitu deh.
No.5 Gua kurang tau sob, sorry :D


Caranya baya di Bis :
1. Kita masuk ke bis sob, kita nemu mesin octopus noh.
2. Kita keluarin octopus kita yg pasti udah di Recharge juga.
3. Kita tempelin tuh octopus ke kotak warna orange di mesin sob, sampe bunyi "Tiit"
4. Kalian cari duduk deh :D 

Mudah kan ?

Tapi, masih sopan di Indonesi kan Sob ?
I love Indonesia :)

*sorry sob kalo tulisan info gue acakadut, maklum lah blogger amatiran :D haha

Thanks gue Gitta :)

wassalamualaikum wr wb.





Tidak ada komentar: